Sabtu, 29 Januari 2011

Contoh RPP



RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah            : SMK N 1 Bancak
Mata Pelajaran           : Kompetensi Kejuruan                       
Kelas / semester        : XII(duabelas) / Genap
Pertemuan ke             : 1-4
Alokasi waktu             : 16 x 45 menit
Standar kompetensi   :  Melakukan install home theater                               
Kompetensi dasar      :  Menjelaskan kebutuhan peralatan pembuatan home theater
Indikator                     : 
§    Kebutuhan pengoperasian diidentifikasi sesuai dengan Prosedur baku pengoperasian yang berlaku pada buku User Manual
§    Kebutuhan pengoperasian diidentifikasi sesuai dengan prosedur baku pengoperasian yang berlaku pada buku user manual.

I.        TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah kegiatan pembelajaran ini siswa dapat :
·         Menjelaskan Prosedur baku pengoperasian
·         Melakukanperawatan peralatan konversi sesuai SOP

II.      MATERI  AJAR

·         Prosedur baku pengoperasian
·         User manual Peralatan Audio& Video

III.    METODE PEMBELAJARAN

a.       Ceramah
b.       Diskusi
c.       Penugasan
d.       Praktikum

IV.    LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

1.       Kegiatan awal   :
·         Berdoa bersama
·         Salam pembuka dilanjutkan cek presensi kehadiran
·         Menjelaskan metode pembelajaran yang akan digunakan kepada siswa
·         Memberikan gambaran awal materi serta memberikan beberapa pertanyaan awal 

2.       Kegiatan Inti :

·         Menyampaikan materi Menjelaskan kebutuhan peralatan pembuatan home theater dengan bantuan materi presentasi dengan program power point
·         Siswa mendengarkan materi dan sesekali mencatat materi melalui panduan guru.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·         Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan dari teman lain.
·         Guru memberikan penguatan atas jawaban siswa dan melengkapi jawaban atas pertanyaan siswa lain.
·         Guru memberikan tugas siswa dengan media Lembar Kerja Siswa / Worksheet.
·         Guru melakukan penilaian sikap siswa pada saat mengerjakan worksheet melalui pengamatan.

3.       Kegiatan akhir :
·         Guru mengumpulkan hasil pekerjaan siswa
·         Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah diberikan
·         Guru memberikan tugas rumah kepada siswa
·         Doa penutup
·         Salam penutup





                                     
V.      ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

·     Laptop, LCD proyektor, TV, VCD Player, Komputer, Amplifier, Mixer, Speaker,
·     Program presentasi Power point,
·     Disarikan dari berbagai sumber,

VI.    PENILAIAN:
Evaluasi dalam bentuk tes tertulis, serta observasi untuk keakifan serta aspek psikomotorik


Bancak,  31 Desember 2010

Kepala Sekolah,                                    Guru Mata pelajaran 1                Guru Mata pelajaran 2




Indrattuti, S.Pd                                      Muhammad Munif, S.Pd             Asmui, S.Pd
NIP. 19650801 1988 032 012                  NIP.198104092009021003          NIP.- - -

























Penilaian :
  1. Jelaskan pengertian Home theathre?
  • Home teater  sebenarnya  istilah ini lebih  mendekati hiburan rumah. Sistem home teater pada umumnya merupakan kombinasi dari perancangan komponen elektronik untuk menciptakan pengalaman menonton film dalam suatu ruang teater  yang mengasyikan dari pada bila menonton televisi
  1. Sebutkan kebutuhan pemasangan home theathre!
  • Layar televisi yang besar (sekurang-kurangnya 27 inchi diukur secara diagonal) dengan gambar yang jelas.
  • Sekurang-kurang 4 speaker
  • Pemecah sinyal suara surround dan pengirimannya ke speaker
  • Peralatan player atau film broadcast dengan suara surround,  terutama dengan gambar yang jernih. 


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah            : SMK N 1 Bancak
Mata Pelajaran           : Kompetensi Kejuruan                       
Kelas / semester        : XII(duabelas) / Genap
Pertemuan ke             : 5-6
Alokasi waktu             : 8 x 45 menit
Standar kompetensi   : Melakukan install home theater                                
Kompetensi dasar      : Menempatkan peralatan audio menghasikan suara surround dengan sistem 4.1, 5.1 dan 7.1
Indikator                     : 
·         Dipahami Melakukan setting Respon Akustik Audio
·         Prinsip setting respon akustik dipelajari berdasar pada buku manual yang berlaku.
·         Penggunaan perlengkapan Keselamatan kerja serta langkah pengamanan dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

I.        TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah kegiatan pembelajaran ini siswa dapat:
·         Memahami dan Melakukan setting Respon Akustik Audio
·         Memahami Prinsip setting respon akustik berdasar pada buku manual yang berlaku.
·         Memahami Penggunaan perlengkapan Keselamatan kerja serta langkah pengamanan dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

II.      MATERI  AJAR

·         Prosedur baku pengoperasian
·         User manual Peralatan Audio& Video

III.    METODE PEMBELAJARAN

a.      Ceramah
b.      Diskusi
c.       Penugasan
d.      Praktikum


IV.    LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

1.       Kegiatan awal   :
·         Berdoa bersama
·         Salam pembuka dilanjutkan cek presensi kehadiran
·         Menjelaskan metode pembelajaran yang akan digunakan kepada siswa
·         Memberikan gambaran awal materi serta memberikan beberapa pertanyaan awal  sebagai pre tes

2.       Kegiatan Inti :

·         Menyampaikan materi prinsip setting respon akustik, penggunaan perlengkapan Keselamatan kerja serta langkah pengamanan dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku dengan bantuan materi presentasi dengan program power point
·         Siswa mendengarkan materi dan sesekali mencatat materi melalui panduan guru.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·         Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan dari teman lain.
·         Guru memberikan penguatan atas jawaban siswa dan melengkapi jawaban atas pertanyaan siswa lain.
·         Guru memberikan tugas siswa dengan media Lembar Kerja Siswa / Worksheet.
·         Guru melakukan penilaian sikap siswa pada saat mengerjakan worksheet melalui pengamatan.

3.       Kegiatan akhir :
·         Guru mengumpulkan hasil pekerjaan siswa
·         Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah diberikan
·         Guru memberikan tugas rumah kepada siswa
·         Doa penutup
·         Salam penutup
                                    
V.      ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

·     Laptop, LCD proyektor, TV, VCD Player, Komputer, Amplifier, Mixer, Speaker,
·     Program presentasi Power point,
·     Disarikan dari berbagai sumber,

VI.     PENILAIAN:
Evaluasi dalam bentuk tes tertulis, serta observasi untuk keakifan serta aspek psikomotorik


Bancak,  31 Desember 2010

Kepala Sekolah,                                    Guru Mata pelajaran 1                Guru Mata pelajaran 2




Indrattuti, S.Pd                                      Muhammad Munif, S.Pd             Asmui, S.Pd
NIP. 19650801 1988 032 012                  NIP.198104092009021003          NIP.- - -

















































RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah            : SMK N 1 Bancak
Mata Pelajaran           : Kompetensi Kejuruan                       
Kelas / semester        : XII(duabelas) / 5
Pertemuan ke             : 7-9
Alokasi waktu             : 12 x 45 menit
Standar kompetensi   :  Melakukan install home theater                               
Kompetensi dasar      :  Menjelaskan TV proyektor
Indikator                     : 
·         Teknologi proyektor dijelaskan
·         Prinsip kerja proyektor dijelaskan
·         Infocus

I.        TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah kegiatan pembelajaran ini siswa dapat :
·         Mengidentifikasi  Proyektor TV
·         Menjelaskan bagian-bagian sebuah proyektor TV
·         Menjelaskan bagian-bagian Infocus

II.      MATERI  AJAR

·         Mengidentifikasi  Proyektor TV
·         Menjelaskan bagian-bagian sebuah proyektor TV
·         Menjelaskan bagian-bagian Infocus

III.    METODE PEMBELAJARAN

a.       Ceramah
b.       Diskusi
c.       Penugasan
d.       Praktikum

IV.    LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

1.       Kegiatan awal   :
·           Berdoa bersama
·           Salam pembuka dilanjutkan cek presensi kehadiran
·           Menjelaskan metode pembelajaran yang akan digunakan kepada siswa
·           Memberikan gambaran awal materi serta memberikan beberapa pertanyaan awal  seputar Proyektor TV

2.       Kegiatan Inti :

·           Membahas materi konversi Proyektor TV dengan bantuan materi presentasi dengan program power point
·           Siswa mencatat materi melalui panduan guru.
·           Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·           Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan dari teman lain.
·           Guru memberikan penguatan atas jawaban siswa dan melengkapi jawaban atas pertanyaan siswa lain.
·           Guru memberikan tugas siswa dengan media Lembar Kerja Siswa / Worksheet untuk diskusi
·           Guru melakukan penilaian sikap siswa pada saat mengerjakan worksheet melalui pengamatan.

3.       Kegiatan akhir :
·           Guru mengumpulkan hasil pekerjaan siswa
·           Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah diberikan
·           Guru memberikan tugas rumah kepada siswa
·           Doa penutup
·           Salam penutup





                                    
V.          ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

·     Laptop, LCD proyektor, TV, VCD Player, Komputer, Amplifier, Mixer, Speaker,
·     Program presentasi Power point,
·     Disarikan dari berbagai sumber,

VI.         PENILAIAN:
Evaluasi dalam bentuk tes tertulis, serta observasi untuk keakifan serta aspek psikomotorik

Bancak,  31 Desember 2010

Kepala Sekolah,                                    Guru Mata pelajaran 1                Guru Mata pelajaran 2




Indrattuti, S.Pd                                      Muhammad Munif, S.Pd             Asmui, S.Pd
NIP. 19650801 1988 032 012                  NIP.198104092009021003          NIP.- - -

























1.       Sebutkan jenis televise
Televisi Direct-view Standar
Televisi Proyeksi Belakang
Televisi Proyeksi Depan
2.       Perbedaan jenis televisi proyeksi belakang Perbedaan itu meliputi
Tabung Sinar Katoda (Cathode ray tube /CRT),
Digital Light Processing (DLP
Liquid Crystal Display (LCD),

























RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah            : SMK N 1 Bancak
Mata Pelajaran           :  Kompetensi Kejuruan                       
Kelas / semester        :  XII(duabelas) / Genap
Pertemuan ke             :  10-11
Alokasi waktu             :  8 x 45 menit
Standar kompetensi   :  Melakukan install home theater                               
Kompetensi dasar      :  Menempatkan Monitor gambar sesuai dengan jarak tempat duduk
Indikator                     : 
·         Melakukan setting Respon Akustik Video
·         Prinsip setting respon akustik dipelajari berdasar pada buku manual yang berlaku.
·         Penggunaan perlengkapan Keselamatan kerja serta langkah pengamanan dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
·         Hasil pengaturan tata gambar dan warna sesuai dengan : respon impressive penglihatan

   I.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah kegiatan pembelajaran ini siswa dapat :
·         Kecermatan dalam memahami langkah/ prosedur pengoperasian  proyektor
·         Melakukan setting infocus
·         langkah-langkah penggunaan proyektor dan infocus

II.      MATERI  AJAR

·         Membahas Kecermatan dalam memahami langkah/ prosedur pengoperasian  proyektor
·         Melakukan setting infocus
·         Membahas langkah-langkah penggunaan proyektor dan infocus


III.      METODE PEMBELAJARAN

a.       Ceramah
b.       Diskusi
c.       Penugasan

IV.      LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

1.      Kegiatan awal   :
§         Berdoa bersama
§         Salam pembuka dilanjutkan cek presensi kehadiran
§         Menjelaskan metode pembelajaran yang akan digunakan kepada siswa
§         Memberikan gambaran awal materi serta memberikan beberapa pertanyaan awal  seputar CD dan cassette sebagai pre tes

2.      Kegiatan Inti :
§         Membahas materi Kecermatan dalam memahami langkah/ prosedur pengoperasian  proyektor dan langkah-langkah penggunaan proyektor dan infocus dengan bantuan materi presentasi dengan program power point
§         Siswa mencatat materi melalui panduan guru.
§         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
§         Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan dari teman lain.
§         Guru memberikan penguatan atas jawaban siswa dan melengkapi jawaban atas pertanyaan siswa lain.
§         Guru memberikan tugas siswa dengan media Lembar Kerja Siswa / Worksheet untuk diskusi
§         Guru melakukan penilaian sikap siswa pada saat mengerjakan worksheet melalui pengamatan.

3.      Kegiatan akhir :
§         Guru mengumpulkan hasil pekerjaan siswa
§         Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah diberikan
§         Guru memberikan tugas rumah kepada siswa
§         Doa penutup
§         Salam penutup
                                  



 
V.      ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

·     Laptop, LCD proyektor, TV, VCD Player, Komputer, Amplifier, Mixer, Speaker,
·     Program presentasi Power point,
·     Disarikan dari berbagai sumber,


VI.       PENILAIAN:
Evaluasi dalam bentuk tes tertulis, serta observasi untuk keakifan serta aspek psikomotorik

Bancak,  31 Desember 2010

Kepala Sekolah,                                    Guru Mata pelajaran 1                Guru Mata pelajaran 2




Indrattuti, S.Pd                                      Muhammad Munif, S.Pd             Asmui, S.Pd
NIP. 19650801 1988 032 012                  NIP.198104092009021003          NIP.- - -

























RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah            : SMK N 1 Bancak
Mata Pelajaran           :  Kompetensi Kejuruan                       
Kelas / semester        :  XII(duabelas) / Genap
Pertemuan ke             :  12
Alokasi waktu             :   4 x 45 menit
Standar kompetensi   :   Melakukan install home theater                              
Kompetensi dasar      :   Menginstall peralatan home theater dengan konfigurasi 41 atau 61
Indikator                     : 
·         Teliti dan peka dalam Melakukan Seting respon akustik ruangan
·         Teliti dan peka dalam melakukan Respon akustik ruang pengoperasian peralatan audio

I.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah kegiatan pembelajaran ini siswa dapat:
·         Karakteristik  akustik ruang pengoperasian sistem audio
·         Memahami respon  akustik
·         Tata suara
·         Instrumen musik
·         nada dan volume User manual Peralatan Audio& Video
II.      MATERI  AJAR

·         Karakteristik  akustik ruang pengoperasian sistem audio
·         Memahami respon  akustik
·         Tata suara
·         Instrumen musik
·         nada dan volume User manual Peralatan Audio& Video

III.      METODE PEMBELAJARAN

a.      Ceramah
b.      Diskusi
c.       Penugasan
d.      Praktikum


IV.      LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1.       Kegiatan awal   :
·           Berdoa bersama
·           Salam pembuka dilanjutkan cek presensi kehadiran
·           Menjelaskan metode pembelajaran yang akan digunakan kepada siswa
·           Memberikan gambaran awal materi serta memberikan beberapa pertanyaan awal  sebagai pre tes

2.       Kegiatan Inti :

·           Menyampaikan materi Konfigurasi home theatre 4.1 dan 6.1 materi presentasi dengan program power point
·           Siswa mendengarkan materi dan sesekali mencatat materi melalui panduan guru.
·           Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·           Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan dari teman lain.
·           Guru memberikan penguatan atas jawaban siswa dan melengkapi jawaban atas pertanyaan siswa lain.
·           Guru memberikan tugas siswa dengan media Lembar Kerja Siswa / Worksheet.
·           Guru melakukan penilaian sikap siswa pada saat mengerjakan worksheet melalui pengamatan.

3.       Kegiatan akhir :
·           Guru mengumpulkan hasil pekerjaan siswa
·           Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah diberikan
·           Guru memberikan tugas rumah kepada siswa
·           Doa penutup
·           Salam penutup


                                    
V.      ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

·     Laptop, LCD proyektor, TV, VCD Player, Komputer, Amplifier, Mixer, Speaker,
·     Program presentasi Power point,
·     Disarikan dari berbagai sumber,

VI.       PENILAIAN:
Evaluasi dalam bentuk tes tertulis, serta observasi untuk keakifan serta aspek psikomotorik


Bancak,  31 Desember 2010

Kepala Sekolah,                                    Guru Mata pelajaran 1                Guru Mata pelajaran 2




Indrattuti, S.Pd                                      Muhammad Munif, S.Pd             Asmui, S.Pd
NIP. 19650801 1988 032 012                  NIP.198104092009021003          NIP.- - -


























RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah            : SMK N 1 Bancak
Mata Pelajaran           :  Kompetensi Kejuruan                        
Kelas / semester        :  XII(duabelas) / Genap
Pertemuan ke             :  13
Alokasi waktu             :   4 x 45 menit
Standar kompetensi   :   Melakukan install home theater                              
Kompetensi dasar      :   Melakukan trouble shooting hasil install
Indikator                     : 
·         Teliti dalam melakukan trouble shooting
·         Cermat dalam melakukan pengecekan alat pendukung  home theater
·          Respon impressive ruang
·         pengoperasian peralatan video

I.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah kegiatan pembelajaran ini siswa dapat:
·         Mengalokasi kerusakan pada daerah tertentu
·         Mengecek bagian pendukung home theater sebelum dioperasikan

II.      MATERI  AJAR

·         Mengalokasi kerusakan pada daerah tertentu
·         Mengecek bagian pendukung home theater sebelum dioperasikan

III.      METODE PEMBELAJARAN

a.       Ceramah
b.       Diskusi
c.       Penugasan
d.       Praktikum


IV.      LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

1.       Kegiatan awal   :
·           Berdoa bersama
·           Salam pembuka dilanjutkan cek presensi kehadiran
·           Menjelaskan metode pembelajaran yang akan digunakan kepada siswa
·           Memberikan gambaran awal materi serta memberikan beberapa pertanyaan awal  sebagai pre tes

2.       Kegiatan Inti :

·           Menyampaikan materi ketelitian dalam melakukan troubleshooting dengan bantuan materi presentasi dengan program power point
·           Siswa mendengarkan materi dan sesekali mencatat materi melalui panduan guru.
·           Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·           Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan dari teman lain.
·           Guru memberikan penguatan atas jawaban siswa dan melengkapi jawaban atas pertanyaan siswa lain.
·           Guru memberikan tugas siswa dengan media Lembar Kerja Siswa / Worksheet.
·           Guru melakukan penilaian sikap siswa pada saat mengerjakan worksheet melalui pengamatan.

3.       Kegiatan akhir :
·           Guru mengumpulkan hasil pekerjaan siswa
·           Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah diberikan
·           Guru memberikan tugas rumah kepada siswa
·           Doa penutup
·           Salam penutup
              



                     
VII.      ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

·     Laptop, LCD proyektor, TV, VCD Player, Komputer, Amplifier, Mixer, Speaker,
·     Program presentasi Power point,
·     Disarikan dari berbagai sumber,

VIII.     PENILAIAN:
Evaluasi dalam bentuk tes tertulis, serta observasi untuk keakifan serta aspek psikomotorik


Bancak,  31 Desember 2010

Kepala Sekolah,                                    Guru Mata pelajaran 1                Guru Mata pelajaran 2




Indrattuti, S.Pd                                      Muhammad Munif, S.Pd             Asmui, S.Pd
NIP. 19650801 1988 032 012                  NIP.198104092009021003          NIP.- - -

























RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah            : SMK N 1 Bancak
Mata Pelajaran           :  Kompetensi Kejuruan                       
Kelas / semester        :  XII(duabelas) / Genap
Pertemuan ke             :  14
Alokasi waktu             :   4 x 45 menit
Standar kompetensi    :   Melakukan install home theater                             
Kompetensi dasar      :   Merawat home theater.
Indikator                        : 
·         Melakukan perawatan peralatan pendukung sesuai SOP
·         Langkah-langkah perawatan home theater
·         Melakukan pengoperasian sesuai dengan panduan buku user manual
   I.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah kegiatan pembelajaran ini siswa dapat:
·         Melakukan perawatan peralatan pendukung sesuai SOP
·         Langkah-langkah perawatan home theater
·         Melakukan pengoperasian sesuai dengan panduan buku user manual

II.      MATERI  AJAR

·         Peralatan pendukung dirawat sesuai buku service manual
·         Langkah-langkah perawatan home theater

III.      METODE PEMBELAJARAN

a.       Ceramah
b.       Diskusi
c.       Penugasan
d.       Praktikum


IV.      LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

1.       Kegiatan awal   :
·           Berdoa bersama
·           Salam pembuka dilanjutkan cek presensi kehadiran
·           Menjelaskan metode pembelajaran yang akan digunakan kepada siswa
·           Memberikan gambaran awal materi serta memberikan beberapa pertanyaan awal  sebagai pre tes

2.       Kegiatan Inti :

·           Menyampaikan materi Langkah-langkah perawatan home theater dengan bantuan materi presentasi dengan program power point
·           Siswa mendengarkan materi dan sesekali mencatat materi melalui panduan guru.
·           Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·           Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan dari teman lain.
·           Guru memberikan penguatan atas jawaban siswa dan melengkapi jawaban atas pertanyaan siswa lain.
·           Guru memberikan tugas siswa dengan media Lembar Kerja Siswa / Worksheet.
·           Guru melakukan penilaian sikap siswa pada saat mengerjakan worksheet melalui pengamatan.

3.       Kegiatan akhir :
·           Guru mengumpulkan hasil pekerjaan siswa
·           Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah diberikan
·           Guru memberikan tugas rumah kepada siswa
·           Doa penutup
·           Salam penutup
                                    





V.      ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

·     Laptop, LCD proyektor, TV, VCD Player, Komputer, Amplifier, Mixer, Speaker,
·     Program presentasi Power point,
·     Disarikan dari berbagai sumber,

VI.       PENILAIAN:
Evaluasi dalam bentuk tes tertulis, serta observasi untuk keakifan serta aspek psikomotorik


Bancak,  31 Desember 2010

Kepala Sekolah,                                    Guru Mata pelajaran 1                Guru Mata pelajaran 2




Indrattuti, S.Pd                                      Muhammad Munif, S.Pd             Asmui, S.Pd
NIP. 19650801 1988 032 012                  NIP.198104092009021003          NIP.- - -


Tidak ada komentar:

Posting Komentar